Cari Blog Ini

Minggu, 22 September 2013

Tundukkan Fulham 2-0, Chelsea Puncaki Klasemen

DetikSport


London - Chelsea berhasil bangkit dari dua kekalahan beruntun yang baru mereka alami. Di Stamford Bridge, Minggu (22/9/2013) dinihari WIB, The Blues menang dengan skor 2-0 saat menjamu Fulham dan berhak naik ke puncak klasemen.

Di depan pendukungnya sendiri, Chelsea harus menunggu hingga babak kedua untuk bisa menjebol gawang Fulham. Gol pertama dibuat Oscar pada menit 52, dan kemudian digandakan John Obi Mikel saat pertandingan tersisa enam menit.

Kemenangan ini diraih setelah Chelsea menelan dua kekalahan beruntun pada dua laga sebelumnya: tunduk 0-1 atas Everton di Premier League dan menyerah 1-2 saat menjamu Basel di Liga Champions.

Tambahan tiga poin membuat skuat besutan Jose Mourinho mengumpulkan poin 10 dari empat pertandingan yang sudah dijalani. Nilai Chelsea sama dengan Liverpool, yang pada pertandingan sebelumnya kalah 0-1 atas Southampton, tapi karena unggul selisih gol mereka berhak menduduki puncak klasemen.

Chelsea sangat mungkin kembali tergusur dari posisi puncak karena mayoritas klub papan atas baru akan bertanding Minggu malam nanti, termasuk Arsenal dan Tottenham Hotspur yang kini memiliki sembilan poin.

Jalnnya Pertandingan

Di depan pendukungnya sendiri, Chelsea menciptakan peluang pertamanya saat laga masuk menit enam. Umpan Branislav Ivanovic dipotong Samuel Eto'o sebelum sempat ditangkap kiper David Stockdale. Namun striker asal Kamerun itu gagal membelokkan bola ke dalam gawang karena si kulit bundar justru melayang menjauhi gawang.

Tujuh menit kemudian gantian Fulham punya kans bikin gol saat Darrent Bent lolos dari jebakan offside dan menusuk masuk ke dalam kotak penalti. Tinggal berhadapan dengan Petr Cech, sepakan mendatar Bent masih bisa dihalau Cech.

Chelsea kembali menekan. Eto'o menusuk masuk ke dalam kotak penalti dan melepaskan tendangan keras pada menit 26. Bola membentur pemain bertahan Fulham yang banyak berkumpul di sana, dan berbelok arah tipis menyamping dari sisi gawang.

Eto'o kembali punya kesempatan memecah kebuntuan di menit 36, tapi di tengah kotak penalti dia gagal menanduk dengan sempurna umpam yang dilepaskan Ramires.

Ivanovic! Nyaris Chelsea menutup babak pertama dengan gol. Bermula dari tusukan Ashley Cole ke dalam kotak penalti, dia lantas melakukan kerjasama satu-dua di sana dan mengirim umpan ke tiang jauh. Ivanovic datang langsung melepaskan tendangan keras, bola mengarah ke gawang tapi bisa dihentikan kiper David Stockdale dengan kakinya.

Tujuh menit babak kedua berjalan, Chelsea akhirnya bisa memecah kebuntuan. Keunggulan Chelsea bermula dari serangan yang dibangun dari sisi kiri. Andre Schurrle melepaskan tendangan dari sudut sempit namun bisa dihalau kiper David Stockdale, bola yang direbound Samuel Eto'o kembali bisa dihalau Stockdale. Rebound kedua yang dilakukan Oscar akhirnya tak kuasa dijangkau sang kiper. Chelsea pun unggul 1-0.

Dua menit setelah gol Oscar, Fulham nyaris menyamakan kedudukan. Kasami melepas umpan ke tiang jauh namun gagal digapai oleh rekan-rekannya. Sidwell yang berdiri di tiang jauh juga terlambat menjulurkan kepalanya untuk menanduk bola.

Menyusul pelanggaran yang terjadi pada Ramires, beberapa pemain Chelsea sempat mengklaim penalti di menit 71. Namun wasit menganggap tidak ada pelanggaran di sana.

Gol Chelsea! Kali ini Obi Mikel yang mencatatkan namanya di papan skor. Dari tendangan sudut, bola dibelokkan John Terry dengan kepalanya dan mengarah tepat ke Obi Mikel. Dari tengah kotak penalti dia melepaskan tendangan kaki kanan untuk menjebol gawang Fulham. Di menit 84 skor berubah jadi 2-0, dan Mikel mengakhiri puasa bikin gol untuk Chelsea yang sudah bertahan sejak musim 2006/2007, ini sekaligus jadi gol pertama dia di Premier League.

Tak ada gol tambahan terjadi di sisa pertandingan. Chelsea menang dengan skor 2-0 dan berhak naik ke puncak klasemen.

Susunan Pemain:

Chelsea: Cech; Ivanovic, Cahill, Terry, Cole; Ramires, Mikel; Schurrle ('80 Frank Lampard), Oscar, Hazard ('85 Kevin De Bruyne); Eto’o ('64 Fernando Torres)

Fulham XI: Stockdale, Riether, Hangeland, Amorebieta, Richardson, Duff ('64 Adel Taarabt), Sidwell, Parker, Kacaniklic ('72 Buomesca Tue Na Bangna), Kasami ('85 Hugo Rodallega), Bent

Tidak ada komentar:

Posting Komentar