Cari Blog Ini

Rabu, 25 September 2013

Ancelotti Terkejut dengan Gaya Bermain Barca Saat Ini

DetikSport


Madrid - Tak sedikit yang terkejut dengan gaya bermain Barcelona di bawah Gerardo Martino saat ini. Pelatih Real Madrid, Carlo Ancelotti, yang kaget kala Los Cules kerap memainkan strategi serangan balik.

Jika selama ini Barca identik dengan gaya main tiki-taka, yang menitikberatkan pada penguasaan bola dan umpan-umpan pendek, di bawah Martino Barca boleh dibilang agak berubah.

Tak jarang Blaugrana bermain agak bertahan dan memainkan skema counter attack. Bahkan beberapa kali juga Lionel Messi dkk memainkan bola-bola panjang yang jarang terlihat di era Pep Guardiola atau Tito Vilanova.

Salah satu contohnya adalah saat Barca menghadapi Rayo Vallecano akhir pekan lalu, di mana untuk pertama kalinya dalam beberapa musim terakhir tim asal Catalan itu mengakhiri laga dengan posisi kalah ball possesion.

Hal ini kemudian membuat Martino mendapat banyak kritikan mengingat dia dinilai sudah "mengkhianati" sepakbola indah yang selalu diusung Barca. Tapi Martino sendiri tak terlalu memusingkannya.
Apa yang terjadi pada Barca ini mengundang komentar dari kubu rival yakni Ancelotti yang justru mampu membuat Madrid bermain layaknya Barca. Menurut pelatih asal Italia itu, apa yang dilakukan Martino saat ini hanyalah demi membiasakan para pemainnya beradaptasi dengan taktik pelatih asal Argentina itu.

"Hal itu tidaklah mudah. Saya percaya bahwa pelatih tidak harus beradaptasi dengan gaya bermain, melainkan pada karateristik pemain," tutur Ancelotti di Football Espana.

"Saya pikir pelatih lah yang harus beradaptasi. Wajarnya pelatih punya filosofi yang ingin dia bawa ke dalam tim, tapi dengan memperhatikan juga karateristik para pemain," lanjutnya.

"Mengejutkan bahwa Barca mencetak gol melalui serangan balik saat melawan Rayo Vallecano dan kalah penguasaan bola untuk pertama kalinya dalam beberapa musim terakhir."

Tidak ada komentar:

Posting Komentar