Cari Blog Ini

Minggu, 01 April 2012

Barcelona vs Athletic Bilbao

Barca Masih Setia Tempel Madrid

sports.okezone.com 
Pencetak dua gol Barca, Lionel Messi dan Andres Iniesta (foto: Getty Images)

BARCELONA – Barcelona tampil dominan saat menjamu Athletic Bilbao di Camp Nou pada jornada ke-30. Tapi sayang dari sekian banyak peluang, Barca hanya mencetak dua gol lewat kaki Andres Iniesta pada paruh pertama dan penalti Lionel Messi di babak kedua.

Barca langsung memberikan serangan beruntun dari Daniel Alves dan Gerard Pique, namun keduanya hanya sekedar mengancam gawang Bilbao. Karena masih bisa diantisipasi oleh lini belakang Bilbao.

Menit keenam Barca hampir saja unggul, tapi sayang  Thiago Alcantara yang sudah berhasil menjebol gawang Iraizoz  harus gigit jari, karena dirinya sudah lebih dulu terperangkap jebakan offside. 

Memasuki menit ke 20, Barca mendapat peluang dari tendangan bebas Messi, namun masih bisa ditepis. Begitu juga dengan sontekan Pique yang dari sisi kiri, nyaris saja masuk ke gawang Bilbao, tapi masih ada bek Bilbao yang membuang bola tersebut dengan sundulan.

Setengah jam pertandingan berjalan, Barca benar-benar tak memberikan kesempatan Bilbao untuk melakukan penyerangan. Mereka mengurung pertahanan Bilbao hingga tiga perempat lapangan.

Namun Andres Iniesta memecah kebuntuan setelah golnya di menit ke-40 berhasil membawa Barca memimpin atas Bilbao 1-0 hingga babak peluit babak pertama dibunyikan.

Memasuki babak kedua, Barca terus membuat peluang demi mendapatkan banyak gol. Termasuk pada peluang Tello di menit ke-55, yang sekali lagi tendangan placing-nya masih bisa diamankan oleh kiper Bilbao.

Tello kembali memberikan ancaman, dia berhasil mengacak-acak pertahanan Bilbao, hingga memaksa pemain Bilbao menjatuhkan Tello di kotak terlarang. Alhasil, sang pengadil memberikan Barca hadiah penalti.

Messi yang menjadi algojo dengan mudah mengeksekusi dan memberikan gol kedua Barca di pertandingan ini. Skor 2-0 untuk kunggulan Azulgrana.

Menit ke-68 Iniesta hampir saja membuat gol keduanya di pertandingan ini, jika saja tendangannya tidak mampu ditepis oleh Iraizoz yang tampil gemilang di pertandingan ini. Menit ke 73 Messi melalukan akselerasi, tapi tendangannya masih bisa diamankan kiper Bilbao.

Menit ke-80, Pique melakukan penyelamatan gemilang. Kala Bilbao lewat kaki Muniain menciptakan peluang, tapi sayang bola yang telah melewati kiper Victor Valdez masih bisa disapu oleh Pique. Skor 2-0 untuk Barca masih bertahan.

Barca sepertinya sudah terlihat puas dengan hasil 2-0 ini. Terbukti menit ke-83, Alexis Sanchez ditarik keluar dan digantikan dengan Seydou Keita untuk memperkuat lini tengah.

Di penghujung laga, Barca menciptakan peluang emas lainnya. Gelandang pengganti, Keita melepaskan tendangan kerasnya, yang hanya bisa membentur mistar gawang kiper Iraizoz. Selain itu tendangan Pedro beberapa saat kemudian, juga masih bisa ditepis oleh Iraizoz.

Dan, hingga peluit akhir dibunyikan, kemenangan 2-0 tampaknya menjadi hasil ideal di jornada ke 30 Barca musim ini. Sekaligus tetap setia menempel jarak poin mereka untuk tetap menjadi enam poin dengan Real Madrid yang memiliki 78 angka.


Susunan Pemain:
Barcelona: 1. Valdes, 2. Dani Alves, 21. Adriano Correia, 3. Pique, 14. J. Mascherano, 8. Iniesta (Xavi 77’), 16. Busquets, 11. Thiago Alcantara, 10. L. Messi, 9. A. Sanchez (Keita 83’), 37. Tello (Pedro 62’)

Bilbao: 1. Iraizoz, 15. Iraola, 3. Aurtenetxe, 23. Ekiza, 24. Javi Martínez, 14. Susaeta, 17. Inigo Perez (Herera 46’), 8. Iturraspe, 2. Toquero (Llorente 59’), 10. De Marcos, 28. Ibai (Muniain 46’)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar