Cari Blog Ini

Rabu, 26 September 2012

Prediksi Serie A 2012/2013

Fiorentina 50 vs 50 Juventus


sports.okezone.com
Duel Mattia Cassani (kiri) dengan Mirkko Vucinic (foto: Reuters)

LAGA sulit bakal dijalani sang capolista Serie A, Juventus saat melawat ke Artemio Franchi, markas Fiorentina dalam lanjutan giornata kelima Serie A, Rabu (26/9/2012) dini hari nanti WIB.

Terlepas dari pertemuan terakhir di mana Juve mampu mempermalukan Fiorentina di kandang sendiri dengan skor 5-0, laga ini patut dibilang sulit untuk Juve. Sebab, La Viola sekarang berada dalam kondisi terbaik.

Fiorentina saat ini tengah berada di era yang baru sejak diasuh oleh Vicenzo Montella. Tiga kemenangan dan sekali imbang menjadi acuan anak-anak Firenze mengalahkan Juve.

Faktornya adalah pergerakan klub yang identik dengan warna ungu ini di bursa transfer musim panas lalu. Dimulai dari merekrut Montella sebagai allenatore anyar, serta kembalinya Luca Toni dan masuknya Alberto Aquilani, menjadikan Fiorentina lebih mapan dalam menjalani musim ini.

Faktor lainnya adalah permainan sang attacante, Stevan Jovetic yang kini lebih matang. Terlihat, dia telah menjadi pemimpin capocannonierri sementara Serie A dengan empat gol. Patut diwaspadai oleh lini pertahanan Juve, yang sampai saat ini memang masih terlihat kokoh karena baru kebobolan dua gol.

Penggunaan tiga bek sejajar memang sampai saat ini membuat portiere Gianluigi Buffon aman. Namun, Andrea Barzagli, Leonardo Bonucci, serta Giorgio Chielini yang setia berdiri di belakang Buffon, terkadang kehilangan konsentrasi saat Juve melakukan penyerangan.

Di lapangan nanti, sebagai tuan rumah tampaknya Fiorentina bakal mengambil inisiatif permainan. Apalagi, mereka bakal memakai formasi yang sama dengan Juventus, 3-5-2. Selama ini Juve selalu kesulitan jika berhadapan dengan tim yang memiliki formasi sama.

Ini jelas menjadi ancaman Juve, yang ingin menjaga rekor 43 kali tak terkalahkan mereka di Serie A. Tapi mereka memiliki para pemain yang bisa memecah kebuntuan tim, di saat tim utama merasa putus asa. Seperti Fabio Quagliarella, striker ini tengah naik daun, berkat penampilan yang memukau dengan mencetak tiga gol dalam kurun waktu empat hari.

Disamping itu, sang kreator serangan Juve, Andrea Pirlo berada dalam kondisi segar, setelah pada laga melawan Chievo akhir pekan lalu tidak dimainkan caretaker Massimo Carrera. Sedangkan para pemain debutan, seperti Nicklas Bendtner dan Paul Pogba bisa menjadi senjata rahasia, di kala para starter sudah kehilangan asa menjebol gawang Fiorentina yang dikawal Emiliano Viviano.

Prakiraan Formasi:
Fiorentina (3-5-2): 1. Viviano, 4. Roncaglia, 2. Rodriguez, 40. Tomovic, 11. Cuadrado, 14. Fernandez, 7. Pizarro, 20. Borja Valero, 11. Cassani, 8. Jovetic, 17. Seferovic

Juventus (3-5-2): 1. Buffon, 15. Barzagli, 19. Bonucci, 3. Chiellini, 4. Caceres, 23. Vidal, 21. Pirlo, 8. Marchisio, 22. Asamoah, 9. Vucinic, 27. Quagliarella

Empat pertemuan terakhir Fiorentina vs Juventus
Serie A (18/03/2012): Fiorentina 0 – 5 Juventus
Serie A (26/10/2011): Juventus 2 – 1 Fiorentina
Serie A (17/04/2011): Fiorentina 0 – 0 Juventus
Serie A (28/11/2010): Juventus 1 – 1 Fiorentina

Tidak ada komentar:

Posting Komentar