Cari Blog Ini

Minggu, 23 September 2012

Barca Betah di 'Langit' La Liga

sports.okezone.com


Cesc Fabregas dan Xavi Hernandez tengah merayakan gol (foto: Reuters)

BARCELONA – Tampil dominan di sepanjang pertandingan Barcelona akhirnya sukses menundukkan Granada dengan skor 2-0, pada jornada kelima La Liga, Minggu (23/9/2012). Akhirnya, Blaugrana pun betah di langit La Liga atau di puncak klasemen dengan raihan 15 poin.  

Barca sebenarnya bermain dengan susah payah dalam menjebol gawang Granada. Beruntung Barca memiliki Xavi Hernandez, yang memecahkan kebuntuan tim, lewat gol telatnya pada menit ke 87. Kemenangan Barca juga tak lepas dari gol bunuh diri bek Granada, Borja Gomez. Skor 2-0 dikemas oleh anak-anak asuh Tito Vilanova.

Babak pertama:
Bermain dengan skuad yang kurang sempurna, Barcelona tetap mendominasi jalannya pertandingan. Namun Granada bermain rapi, hingga para pemain Barca gagal menjebol gawang Granada setidaknya di 45 menit awal

Rraksasa Katalan Barcelona memiliki skuad yang sedikit tampil beda, di mana sang pelatih, Tito Vilanova memainkan duet bek “barunya”. Ya, Alex Song dan Javier Mascherano yang murninya sebagai gelandang bertahan, kini diturunkan sebagai seorang bek tengah menggantikan dua bek sejati Barca, Carles Puyol dan Gerard Pique.

Pertandingan yang disaksikan puluhan ribu fans Barcelona ini bermain agak sedikit melambat, meski beberapa kali kiper Granada, Tono terkejut dengan serangan yang dilakukan oleh kerja sama antara Dani Alves dan Alexis Sanchez.

Setengah jam pertandingan berjalan upaya Barca menembus jala gawang Granada belum kesampaian. Beberapa kali Lionel Messi terlepas dari jebakan offside, namun sayang umpan dari lini tengah selalu digagalkan oleh kesigapan barisan pertahanan Granada.

Berbagai upaya, Granada masih bisa meladeni permainan agresif Barcelona yang kali ini tanpa sang kreator Xavi Hernandez. Hingga pertandingan babak pertama usai, skor berakhir imbang tanpa gol.

Babak kedua:
Memasuki babak kedua, permainan masih diambil alih oleh tim tuan rumah. Bahkan beberapa serangan berbahaya nyaris mendarat di mulut gawang kiper Granada, Antoniao Rodríguez Martínez atau Tono yang tampil apik hingga di awal babak kedua ini.

Merasa frustasi karena tak kunjung menciptakan gol serta miskinnya kreasi serangan, maka Vilanova memasukan Xavi dan Pedro Rodriguez untuk menggantikan Thiago Alcantara dan David Villa.

Kemelut di depan gawang Granada terjadi pada menit ke-75 namun para pemain Granada masih bisa mengamankan aksi Messi. Namun masih ada Cesc Fabregas, yang berdiri bebas dan melepaskan tendangan kerasnya, tapi sayang bola sepakannya menyamping ke kiri gawang Tono.

Tono kemudian melanjutkan aksi gemilangnya menjaga kesucian gawangnya. Ketika sukses menepis tendangan dari Messi. Peraih Ballon d’Or tiga kali beruntun itu pun terlihat frustasi karena terlibat adu mulut dengan kapten Granada, Inigo López.

Akhirnya gol yang ditunggu-tunggu menetas juga pada menit ke-87, setelah Xavi sukses memecah kebuntuan timnya. Tendangan keras dari luar kotak penalti, kini tak mampu ditepis oleh Tono. Skor pun berubah 1-0 untuk keunggulan Barca.

Raksasa Katalan kembali unggul menjadi 2-0 pada masa injury time, setelah Bek Granada, Borja Gomez melakukan bunuh diri. Karena panic dengan aksi Messi, Gomez akhirnya salah mengantisipasi sodoran kapten Timnas Argentina itu.

Skor 2-0 ini diamankan Barca hingga 90 menit pertandingan usai. Sekaligus sukses memantapkan posisi Barca di posisi teratas klasemen sementara La Liga dengan koleksi 15 poin, hasil dari lima kemenangan beruntun. Sementara bagi Granada, tim ini semakin tenggelam di posisi jurang degradasi.

Susunan Pemain:
Barcelona: 1. Valdés, 2. Dani Alves, 21. Adriano Correia (Tello 73’), 14. J. Mascherano, 4. Fàbregas, 25. A. Song, 16. Busquets, 11. Thiago Alcantara (Xavi 54’), 10. L. Messi, 7. David Villa (Pedro 53’), 9. A. Sánchez

Granada: 1. Toño, 6. Guilherme Siqueira, 2. A. Nyom, 20. Borja Gómez, 8. Inigo López, 24. Iriney Santos, 3. Y. Brahimi (Romero 75’), 14. Mikel Rico, 22. G. Torje (Ortiz 66’), 7. A. Floro Flores (El Arabi 58’), 19. F. Orellana

Tidak ada komentar:

Posting Komentar