Cari Blog Ini

Kamis, 30 Agustus 2012

Kembali Bikin Rekor Transfer, Akankah Bayern Juara (Lagi)?

detikSport

Munich - Dalam lima tahun terakhir, Bayern Munich sudah tiga kali memecahkan rekor transfer di Bundesliga. Jika dua sebelumnya selalu berujung titel juara, yang ketiga tentunya diharapkan bakal berbuah sukses juga.

Setelah meresmikan kepindahan Javi Martinez dari Athletic Bilbao, Bayern baru saja menorehkan rekor baru dalam sejarah jual-beli pemain di ranah kompetisi Jerman yakni senilai 40 juta euro atau sekitar Rp 480 miliar.

Tentu dengan uang sebesar Bayern berharap Martinez bisa memberikan efek positif bagi tim di musim ini, yang begitu haus akan gelar juara setelah dua musim hampa trofi juara.

Dengan pengalamannya dan performanya saat di Bilbao plus jadi anggota skuad Spanyol di Piala Dunia 2010 dan Piala Eropa 2012, Martinez punya modal kuat untuk bersinar bersama The Bavarians. Posisi starter boleh jadi akan langsung jadi milik pria 23 tahun itu mengingat Bayern butuh pemain bertipe gelandang bertahan seperti dirinya.

Pertanyaan awalnya apakah Martinez bisa lebih dulu mengikis beban senilai 40 juta euro yang akan selalu mengiringi setiap dia bermain? Jika tidak, maka siap-siap Martinez dilabeli overprice, overrated atau bahkan disebut flop.

Namun, Martinez boleh menyimpan optimisme bisa memberikan yang terbaik untuk Bayern karena dua pemain termahal sebelumnya, Franck Ribery dan Mario Gomez, langsung mencatatkan prestasi apik di musim pertama berseragam klub tersebut.

Di 2007, Ribery dibeli dari Marseille dengan banderol 22 juta euro dan jadi pembelian termahal saat itu. Gelandang asal Prancis itu langsung menebusnya di akhir musim dengan dobel gelar (Bundesliga & DFB Pokal) plus pemain terbaik musim itu.

Dua tahun berselang atau tepatnya 2009, Bayern memboyong Gomez dari Stuttgart dengan nilai transfer sekitar 30-35 juta euro dan lagi-lagi di akhir musim Bayern sukses merebut double winners dan hanya gagal di final Liga Champions, setelah kalah dari Inter Milan.

Kini tinggal ditunggu apakah tuah pemecahan rekor transfer di Bundesliga dapat berbuah gelar liga bagi Bayern atau tidak. Tapi setidaknya anak asuh Jupp Heynckes itu sudah memulai musim dengan baik saat memenangi Piala Super Jerman dan menang di laga perdana akhir pekan lalu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar