Cari Blog Ini

Kamis, 30 Agustus 2012

Fenerbahce vs Spartak Moskow


Spartak Curi Tiket Putaran Final di Istanbul

sports.okezone.com
Spartak Moskow memastikan langkah ke putaran final Liga Champions 2012/13 (Foto: Reuters)
ISTANBUL – Spartak Moskow memastikan diri melaju ke putaran final Liga Champions, usai memenangi dua leg kontra Fenerbahçe dengan agregat 3-2. Laga leg kedua di Sükrü Saracoglu Stadyumu, kandang Fenerbahçe, berkesudahan imbang 1-1.

Babak Pertama
Fenerbahçe memulai babak pertama dengan tensi permainan yang tinggi. Pastinya mereka ingin menutup agregat 1-2 yang dihasilkan leg pertama di kandang Spartak. Di menit keempat melalui Gökhan Gönül. Tapi kiper Spartak, Andriy Dykan melakukan penyelamatan bagus.

Berniat cepat mencetak gol untuk membuka peluang, justru tuan rumah kebobolan, dua menit berselang. Kerja sama antara Ari da Silva dan Aiden McGeady, membuahkan kekacauan di lini belakang Fenerbahçe.

McGeady mengirim umpan pendek dan dikonversi Ari. Skor 1-0 (agg. 3-1) untuk Spartak. Setelah itu, pertandingan berjalan melambat, terlebih karena tim tamu punya keuntungan agregat dua gol. Hingga masuk waktu jeda, skor tetap bertahan 1-0 untuk Spartachi.

Babak Kedua
Sari Kanaryalar atau Kenari Kuning – julukan tuan rumah, coba lebih agresif di babak kedua. Mehmet Topal membuka peluang di interval kedua pada menit ke-52 lewat sepakan spekulasinya. Sayang, bola hasil sepakan keras kaki kirinya dari luar kotak penalti, hanya ‘mengecup’ mistar gawang.

Spartak merespon teror Topal dengan peluang emas yang didapat Marek Suchý, usai mengelabui beberapa bek tuan rumah di menit ke-58. Beruntung bagi Fenerbahçe, finishing Suchý hanya membentur tiang dekat gawang Fenerbahçe, yang dikawal Mert Günok.

Memasuki menit ke-61, Spartak mesti berterima kasih kepada kiper sekaligus kapten mereka, Andriy Dykan, yang melakukan penyelamatan ganda. Bahaya pertama datang dari sepakan mendatar yang sempat dimentahkan Dykan. Lantas, bola liar sempat disontek pemain pengganti, Alex de Souza, yang juga mampu di blok ke luar sarangnya dan hanya menghasilkan sepak pojok.

Dari sepak pojok itu pula, Fenerbahçe mendulang kans berikutnya. Skor bisa saja berubah menjadi 1-1 andai kata bola hasil sundulan Topal, tak kembali mengenai mistar yang kemudian diamankan Dykan.

Fenerbahçe akhirnya mampu menggetarkan gawang Spartak di menit ke-69 lewat tandukan kepala Moussa Sow. Awal kisah bermula dari tendangan sudut Alex yang kemudian menyasar kepala Mehmet Topuz. Sundulan Topuz tersebut diteruskan tandukan Sow di mulut gawang Spartak, sekaligus mengubah skor 1-1.

Tiga menit berselang, Spartak coba kembali membalas. Rômulo Monteiro mencoba peruntungannya dengan melepaskan tendangan dari luar kotak penalti. Akan tetapi, sepakan keras tersebut masih mampu diredam Günok.

Saat waktu tinggal menyisakan 10 menit waktu normal, Spartak mesti bermain dengan 10 orang. Demi de Zeeuw menerima kartu kuning kedua dari wasit Feliz Brych, setelah melanggar Topal dengan kasar.

Sow punya peluang emas lagi di menit ke-85. Sebuah umpan through pass sempat didulangnya. Sayang, meski tinggal berhadapan dengan Dykan, Sow gagal mencetak gol kedua karena Dykan bermain heroik, dini hari ini. Hingga laga usai, skor tetap bertahan dan Spartak, mempertegas langkahnya ke putaran final Liga Champions, dengan kemenangan agregat 3-2.

Susunan Pemain:
Fenerbahçe: Mert Günok, Joseph Yobo, Egemen Korkmaz, Gökhan Gönül, Hasan-Ali Kaldirim, Selçuk Sahin/Alex de Souza (59’), Mehmet Topal, Mehmet Topuz/Cristian Baroni (79), Miloš Krasic/Miroslav Stoch (15’), Dirk Kuyt, Moussa Sow

Spartak Moskow: Andriy Dykan, Marek Suchý, Juan Insaurralde, Evgeny Makeev, Aiden McGeady, Demi de Zeeuw, Kirill Kombarov/Diniyar Bilyaletdinov (66’), Dmitri Kombarov, Rômulo Monteiro, Ari da Silva/Rafael Carioca (51’), Emmanuel Emenike/Artem Dzyuba (73’).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar