Cari Blog Ini

Rabu, 29 Agustus 2012

Jelang Real Madrid vs Barcelona

Perang Ambisi di Bernabeu

sports.okezone.com
Messi berduel dengan Pepe di El Clasico (Foto: Reuters)
JAKARTA - Real Madrid dan Barcelona akan menuntaskan pertarungan untuk memperebutkan trofi Piala Super Spanyol, dini hari nanti. Tim manakah yang akan mengangkat trofi pertama musim ini?

Perang terbuka. Mungkin itu kalimat yang akan menggambarkan pertarungan El Real kontra El Barca pada leg kedua Piala Super Spanyol, Kamis (30/8/2012) dini hari nanti WIB.

Madrid yang kalah 2-3 pada leg pertama di kandang Barca, disinyalir akan tampil menyerang demi meraih kemenangan sekaligus mengangkat trofi perdana di hadapan publik sendiri. Kemenangan 1-0 sudah cukup buat armada Jose Mourinho menggagalkan ambisi Tito Vilanova mengangkat trofi pertama sebagai entrenador Blaugrana pasca-kepergian Josep ‘Pep’ Guardiola.

Optimisme Mou untuk membalikkan keadaan semakin membuncah menyusul kehadiran amunisi anyar Luka Modric. Gelandang yang baru saja resmi didatangkan dari Tottenham Hotspur ini berpeluang mendapat kesempatan memainkan debut, meski mungkin turun dari bangku cadangan.

Kehadiran Modric diharapkan mampu memberikan warna baru di lini tengah Madrid, sehingga mampu mengimbangi kekuatan lini tengah El Barca yang dimotori Xavi Hernandes, Andres Iniesta dan Sergio Busquets.

Selain sosok Modric, Mou juga bisa mengandalkan Pepe yang telah pulih dari cedera. Pepe yang telah pulih dari cedera kepala saat Madrid ditahan 1-1 Valencia, pada laga pembuka La Liga, kemungkinan akan dipercaya bertandem dengan Sergio Ramos di jantung pertahanan.

Banyak alasan bagi Mou untuk menuntut anak asuhnya memenangi laga nanti. Mulai dari trofi perdana, momentum kebangkitan hingga menjaga rekor head to head atas rival abadinya tersebut.

Ya, kemenangan atas Barca bakal membuat Madrid meraih trofi perdana di musim ini. Selain itu, kemenangan itu pastinya akan mengangkat kembali moral pasukan Los Blancos yang gagal meraih kemenangan dari tiga laga yang mereka lakoni di musim ini.

Yang paling penting buat Madrid, tentunya adalah menjaga rekor apik atas seteru abadinya itu. Dilansir Wikipedia, kedua tim memiliki rekor head to head yang seimbang di laga kompetitif. Kedua tim sama-sama meraih 87 kemenangan dan 46 imbang dari total 220 lagar resmi (di luar uji coba dan persahabatan).

Madridista -fans setia Real Madrid- tentunya tidak ingin dukungan yang mereka berikan berakhir dengan kekalahan, yang juga akan mengakhiri hegemoni Madrid dalam urusan head to head atas Barca yang telah bertahan selama 80 tahun.

Sementara di kubu Barcelona, para pejuang Katalan juga punya segudang alasan untuk bisa mengangkat trofi di Santiago Bernabeu. Selain soal rekor head to head, sang entrenador Tito Vilanova berambisi meraih trofi perdananya, sekaligus jadi pembuktian bahwa dirinya tidak kalah hebat dari pendahulunya, Pep Guardiola.

Ambisi Tito juga didukung dengan kekuatan yang cukup komplet. Ya, Barca kemungkinan besar bisa memainkan seluruh punggawa terbaiknya, termasuk sang kapten Carles Puyol yang sebelumnya sempat diragukan tampil karena cedera.

Puyol diketahui mengalami cedera retak tulang pipi ketika El Barca menang tipis 2-1 atas Osasuna, akhir pekan kemarin. Namun, baru-baru ini tim medis klub menyatakan Puyol sudah siap tempur, meski harus menggunakan masker pelindung.

Selain Puyol, ada juga nama David Villa yang siap kembali menebar teror setelah pulih dari cedera panjang. El Guaje -julukan Villa- yang absen pada pertemuan pertama lalu, sudah siap kembali menebar teror ke gawang Iker Casillas. Hal ini ditunjukkannya saat menyumbang satu gol dalam kemenangan 5-1 El Barca atas Real Sociedad di laga pembuka La Liga.

Yang mungkin ditunggu-tunggu Barcelonista -sebutan fans Barca- adalah penampilan rekrutan anyar Alex Song yang baru didatangkan dari Arsenal. Gelandang enerjik asal Kamerun ini bisa jadi amunisi tambahan buat Tito guna memperkuat lini tengahnya.

Selain Tito, ambisi lain juga diusung Lionel Messi pada laga ini. Messi berpeluang mencatatkan sejarah sebagai pemain Barca yang paling banyak menjebol gawang Madrid. Jika mampu mencetak gol di Bernabeu, maka pemain terbaik dunia tiga tahun beruntun (2009,2010 dan 2011) ini akan menggenapi torehan golnya di El Clasico menjadi 15 gol.

Itu berarti, Messi sukses melewati pencapaian legenda Barcelona, Cesar Rodriguez yang sejauh ini tampil sebagai bomber tersubur di laga El Clasico dengan koleksi 14 gol.

Berikut 10 head to head terakhir Barca vs Madrid:

(24/08/12) Piala Super Spanyol:  Barcelona  3 – 2  Real Madrid
(22/04/12) La Liga:  Barcelona  1 – 2  Real Madrid
(26/01/12) Copa Del Rey:  Barcelona  2 – 2  Real Madrid
(19/01/12) Copa Del Rey:  Real Madrid  1 – 2  Barcelona
(11/12/11) La Liga:  Real Madrid  1 – 3  Barcelona
(18/08/11) Piala Super Spanyol:  Barcelona  3 – 2  Real Madrid
(15/08/11) Piala Super Spanyol:  Real Madrid  2 – 2  Barcelona
(04/05/11) Liga Champions:  Barcelona  1 – 1  Real Madrid
(28/04/11) Liga Champions:  Real Madrid  0 – 2  Barcelona
(21/04/11) Copa Del Rey:  Barcelona  0 – 1 (extra time) Real Madrid

Tidak ada komentar:

Posting Komentar