Cari Blog Ini

Senin, 28 Februari 2011

Persib Kembali Ke Formasi 3-5-2

Koran SI
Logo Liga Super Indonesia
BANDUNG – Menjelang bergulirnya putaran II Liga Super Indonesia (LSI) 5 Maret mendatang, pelatih Persib Bandung Daniel “DR” Roekito seuah merasakan suasana tim yang berbeda. Kehadiran tiga pemain asing dalam perekrutan jeda paruh kompetisi berpengaruh pada semangat yang dibawa pasukan Maung Bandung.

“Suasana tim sudah lebih enak. Anda bisa lihat sendiri, tidak seperti yang kemarin,” tutur DR kepada wartawan usai latihan sore di Stadion Siliwangi, Minggu (27/2/2011).

Menurut pelatih kelahiran Rembang ini, Eka Ramdani dan kawan-kawan sudah bisa melupakan keterpurukan pada putaran pertama. Meskipun belum menggelar uji coba sebelum menghadapi PS Semen Padang pada laga perdana putaran kedua nanti, DR yakin timnya sudah lebih solid.

Tidak digelarnya laga uji coba, kata DR, karena waktu yang ada dirasa tidak cukup untuk. Usai menjalani libur satu pekan saat jeda paruh kompetisi, Persib disibukan dengan menggelar seleksi. Sehingga, pekan ini latihan baru efektif selama lima hari.

Kendati demikian, DR optimis dengan penyelarasan latihan disertai menu latihan lebih keras, para pemain bisa tampil kompak saat merumput nanti. "Tanpa laga uji coba kita terus melakukan penyelarasan latihan. Pemain juga mampu memulihkan kekompakan," terangnya.

Daniel menegaskan, dengan membentuk permainan sendiri maka ke depanya akan lebih bagus untuk mengasah kekompakan para pemain."Sebetulnya dengan latihan antarpemain kita sendiri mampu menyelaraskan kekompakan. Kehadiran pemain baru juga memberikan suasana baru," jelasnya.

Dalam sepekan terakhir, Persib mengutamakan latihan fisik. DR mengakui hal itu dilakukan agar anak asuhnya kembali pada fisik yang sempurna. “Mulai besok kita akan mengurangi latihan fisik. Tinggal melatih taktik dan formasi,” katanya.

Selain itu, dalam putaran II nanti Maung Bandung akan melakukan perubahan dalam pola permainan. Dalam latihan sore tersebut, DR kembali menerapkan formasi 3-5-2. “Para pemain suka dengan formasi seperti ini. Mereka yang meminta dan saya rasa tidak ada masalah. Pola permainan maish menggunakan yang lama. Tapi, sudah ada perubahan,” bebernya.

Kehadiran Abanda Herman bukan saja melengkapi lini belakang yang kerap disorot pada putaran I lalu. Karena, gelandang asal Jepang Matsunaga Shohei dan Miljan Radovic akan menambah ketangguhan lini tengah Persib.

“Saya mengikuti kebiasaan yang ada di Persib dulu. Kita juga sudah matang dengan formasi ini. Maman dan Eka sendiri yang meminta pada saya,” ucapnya.

Sambil menambahkan, DR tidak mau pemain kembali pada masalah utama yakni mental. “Meski baru penyesuaian, para pemain harus menjaga mental. Pertengahan musim lalu, itu yang selalu jadi masalah bagi kita,” tandasnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar