Cari Blog Ini

Minggu, 21 Oktober 2012

Tumbangkan Napoli, Juve Perpanjang Catatan Tidak Terkalahkan

sports.okezone.com


Juventus tidak terkalahkan dalam 47 pertandingan/Reuters

TURIN – Laga playoff Scudetto antara Juventus dengan Napoli berhasil dimenangi Si Nyonya Tua dengan skor akhir 2-0. Gol-gol kemenangan Bianconeri dijaringkan dua pemain pengganti, Martin Caceres dan Paul Pogba pada 10 menit terakhir.

Dengan kemenangan ini, Bianconeri kian kokoh di puncak klasemen dengan 22 poin, meninggalkan Il Partenopei di peringkat kedua yang baru mengoleksi 19 poin. Selain itu, Juventus pun memperpanjang catatan tidak terkalahkannya menjadi 47 pertandingan.

Babak Pertama
Sejak peluit dibunyikan wasit, kedua tim yang turun dengan kekuatan penuh langsung tancap gas memforsir serangan.

Juventus yang tampil dengan kostum tidak biasa, hitam-hitam-hitam, tak bisa menampilkan Gianluigi Buffon sehingga ban kapten diserahkan kepada Giorgio Chiellini.

Meski berstatus tim tamu, Napoli yang tampil dengan kostum kebesarannya, biru-biru-biru tak canggung untuk keluar menyerang.

Namun, tuan rumah-lah yang mendapatkan peluang pertama. Pada menit ke-13, umpan lambung Andrea Pirlo kepada Sebastian Giovinco nyaris berbuah gol tapi wasit melihat mantan striker Parma itu melakukan pelanggaran terlebih dulu kepada Morgan De Sanctis.

Napoli tak diam begitu saja. Pada menit ke-27, Edinson Cavani nyaris membawa Napoli unggul tapi sayang tendangan bebasnya di sisi kanan pertahanan Juve hanya membentur tiang jauh.

Hingga pertengahan babak pertama, pertarungan lebih banyak terjadi di lini tengah dan kedua tim acap kali melakukan pelanggaran kepada pemain-pemain lawan. Wasit pun berulang kali terpaksa menghentikan pertandingan.

Di injury time babak pertama, Claudio Marchisio nyaris membuat 41 ribu penonton bersorak saat melepaskan tendangan keras kaki kiri dari luar kotak penalti. Namun, De Sanctis masih sigap menyelamatkan gawangnya.

Babak Kedua
Memasuki babak kedua, tempo pertandingan tidak mengendur. Baik Juve maupun Napoli terus memperagakan permainan cepat. Setiap kali serangan lawan berhasil dipatahkan, dan masing-masing tim langsung melancarkan counter attack kilat.

Peluang terbaik dalam pertandingan ini jatuh kepada Giovinco pada menit ke-57. Berdiri bebas di dalam kotak penalti, tendangan kaki kanan penyerang mungil ini dari jarak 11 meter bukannya mengarah ke gawang malah melebar.

Bianconeri semakin berbahaya. Umpan lambung Pirlo dari tengah lapangan pada menit ke-66 nyaris membuahkan hasil andai penyerang yang baru masuk menggantikan Fabio Quagliarella, Alessandro Matri berhasil menerimanya dengan lebih sempurna.

Napoli yang berada di bawah tekanan terus menampilkan permainan agresif menjurus kasar kepada setiap pemain Juve yang menguasai bola. Akibatnya, seperti di babak pertama, wasit pun berkali-kali terpaksa menghentikan pertandingan.

Gol akhirnya tercipta pada menit ke-80 setelah pemain pengganti Martin Caceres berhasil menanduk bola dengan sempurna memanfaatkan sepak pojok Pirlo. Wasit terpaksa memberi Caceres kartu kuning karena bek sayap asal Uruguay ini merayakan golnya dengan membuka baju.

Hanya dua menit berselang, gol kembali tercipta, bahkan tercipta dengan cara yang spektakuler. Lagi-lagi melalui sumbangan pemain pengganti, kali ini giliran Paul Pogba.

Berawal dari sapuan bek Napoli, bola yang bergulir liar, tanpa dikontrol terlebih dulu langsung ditendang oleh Pogba dengan kaki kirinya hingga meluncur deras ke pojok kanan gawang Napoli. Si Nyonya Tua pun akhirnya menang 2-0.

Susunan pemain:
Juventus (3-5-2): 30-Strorari; 15-Barzagli, 19-Bonucci, 3-Chiellini; 26-Lichtsteiner, 23-Vidal (6-Pogba 75’), 21-Pirlo, 8-Marchisio, 22-Asamoah (4-Caceres 78’); 12-Giovinco, 27-Quagliarella (32-Matri 60’).

Napoli (3-4-1-2): 1-De Sanctis; 14-Campagnaro, 28-Cannavaro, 55-Gamberini (24-Insigne 85’); 11-Maggio, 88-Inler, 85-Behrami (20-Dzemaili 87’), 18-Zuniga; 17-Hamsik; 19-Pandev, Cavani.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar