Cari Blog Ini

Selasa, 02 Oktober 2012

Jelang Benfica vs Barcelona

Kalahkan Benfica, Barca Bisa Kembali Juarai Liga Champions


detikSport

Lisbon - Masih sangat panjang perjalanan untuk menjadi juara Liga Champions musim 2012/2013. Tapi sejarah mencatat, kalau kemenangan atas Benfica selalu mengantar Barcelona jadi juara Eropa.

Dari data statistik yang tersaji di situs UEFA, pertemuan antara Benfica kontra Barcelona sesungguhnya baru terjadi enam kali, yang terbagi dalam tiga musim berbeda. Di seluruh kesempatan tersebut, siapapun pemenangnya selalu bisa mengukuhkan diri jadi juara.

Pertemuan pertama kedua tim terjadi di final Piala Champions 1960/1961. Saat itu Barcelona sesungguhnya bisa memimpin lebih dulu lewat Sandor Kocsis, namun Benfica langsung bereaksi dengan membuat tiga gol balasan melalui Jose Aguas, Joaquim Santana dan Mario Coluna. Karena Barcelona kemudian cuma bisa mencetak satu gol balasan, Benfica akhirnya jadi juara dengan keunggulan 3-2.

Pertemuan mereka berikutnya terjadi di fase grup Piala Champions musim 1991/1992. Setelah bermain 0-0 di Portugal, Barcelona memetik kemenangan 2-1 saat gantian main jadi tuan rumah. Di akhir turnamen, gol tunggal Ronald Koeman mengantar Barca menjadi juara setelah menundukkan Sampdoria dengan skor 1-0.

Laga terakhir antara kedua tim terjadi di Liga Champions musim 2005/2006, kali ini di babak perempatfinal. Barca kembali menahan Benfica tanpa gol saat bermain di Estadio da Luz, sedangkan di Camp Nou tuan rumah menang 2-0.

Pada partai final yang kemudian digelar di Stade de France, Paris, Prancis, skuat besutan Frank Rijkaard berhasil membalikkan keadaan atas Arsenal. Barcelona jadi juara lagi setelah menang 2-1.

Mempertimbangkan peluang Benfica untuk juara sangat kecil, maka tuah pemenang laga ini akan jadi kampiun tinggal menyisakan Barcelona. Mampukan The Catalans mewujudkannya?

Benfica vs Barcelona

1960/1961
Final: Benfica 3 Barcelona 2

1991/1992
Fase Grup: Benfica 0 Barcelona 0 / Barcelona 2 Benfica 1

2005/2006
Perempatfinal: Benfica 0 Barcelona 0 / Barcelona 2 Benfica 0

Tidak ada komentar:

Posting Komentar