Cari Blog Ini

Senin, 22 Oktober 2012

Jadwal Liga Champions 2012 - 2013 Matchday III

Melanjutkan Kesempurnaan di Eropa


detikSport


Jakarta - Ada tujuh tim yang sampai matchday II Liga Champions tiga pekan lalu masih menyandang status sempurna; dua kali main, dua kali menang. Tengah pekan ini, bisakah ketujuh klub tersebut melanjutkan status sempurna tersebut?

Ketujuh klub yang dimaksud adalah FC Porto, Arsenal, Malaga, Real Madrid, BATE Borisov, Barcelona, dan Manchester United. Ketujuhnya pun memuncaki grup masing-masing. Hanya Chelsea saja satu-satunya pemuncak klasemen yang tidak menyandang status sempurna. The Blues menang satu kali dan bermain imbang satu kali.

Chelsea akan bertandang ke Donbass Arena, Donetsk, untuk menghadapi tuan rumah Shakhtar Donetsk Rabu (24/10/2012) dinihari WIB. Shakhtar punya catatan yang terbilang unik di Liga Champions. Mereka memang hanya menang satu kali dalam lima laga terakhir di kandang pada ajang Liga Champions. Namun, dari 20 pertandingan kandang di Eropa, mereka hanya kalah dua kali dan menjaga gawangnya tetap clean-sheet sebanyak 11 kali.

Dengan Shakhtar berpotensi menjadi lawan yang alot, Chelsea diprediksi bakal kerja ekstra. Mereka tak ingin lagi kehilangan poin setelah pada matchday sebelumnya ditahan imbang oleh Juventus di Stamford Bridge. Sejauh ini, 'Si Biru' punya catatan bagus yang juga tak bisa dipandang sebelah mata; mereka belum pernah kalah di Liga Champions sejak Roberto Di Matteo mengambil alih jabatan manajer.

Pada laga Grup E lainnya, Juve yang sudah meraih dua hasil imbang tengah mencari kemenangan pertama. Mereka akan bertandang ke Parken Stadium, Kopenhagen, untuk menghadapi juru kunci grup, FC Nordsjaelland. Bianconeri punya modal bagus; masih tak terkalahkan di liga dan baru saja memetik kemenangan penting atas Napoli. Tinggal bagaimana melanjutkan performa positif di liga domestik ke kancah Eropa. Juve sendiri belum terkalahkan dalam 12 pertandingan terakhir di kompetisi antarklub Eropa.

Di Grup F, BATE, yang pada matchday II secara mengejutkan menundukkan Bayern Munich 3-1, akan menghadapi Valencia. Ini adalah ujian relatif berat untuk melanjutkan kesempurnaan mereka. Akhir pekan lalu, Valencia menunjukkan ketangguhan mental setelah membalikkan keadaan untuk menang 3-2 atas Athletic Bilbao. Hanya saja, Los Che punya catatan buruk; mereka belum pernah menang dalam tujuh laga tandang terakhir di Liga Champions. Tiga pertandingan terakhir bahkan berujung pada kekalahan.

Kesempurnaan Bayern di Bundesliga memang tidak terjadi di Liga Champions. Tapi, Die Roten relatif difavoritkan kala bertandang ke markas Lille. Sang tuan rumah punya catatan tidak bagus kala menghadapi tim-tim Jerman; mereka tidak pernah menang dan hanya mencetak satu gol dalam tiga pertemuan melawan tim-tim asal Jerman.

Pada laga di Grup G, Barcelona akan menjamu Celtic di Camp Nou. Barca diprediksi masih akan tampil tanpa dua bek tengah utamanya, Carles Puyol dan Gerard Pique, sehingga masih harus memainkan bek tengah alternatif. Lionel Messi terbukti masih bisa diandalkan untuk keluar dari situasi sulit, namun kebobolan empat gol pada akhir pekan lalu adalah pertanda rawannya lini belakang. Sejauh ini, Barca sudah bertemu Celtic sebanyak delapan kali. Los Cules memenangi empat di antaranya, Celtic satu, sementara tiga laga sisa berakhir imbang.

Laga lainnya akan mempertemukan Spartak Moskow dan Benfica. Spartak yang akan bertindak sebagai tuan rumah jurstru punya catatan buruk; mereka hanya pernah menang satu kali dalam 15 laga kandang terakhir di Liga Champions. Sembilan di antaranya berujung dengan kekalahan.

Di Grup H, Manchester United akan melakoni laga kandang melawan Braga. 'Setan Merah' menang tipis dalam dua laga pertamanya dan dinilai tidak tampil terlalu impresif. Satu yang jadi kekhawatiran Sir Alex Ferguson adalah kebiasaan timnya yang kerap tertinggal lebih dulu --seperti pada laga melawan Stoke City akhir pekan lalu. Fergie berharap itu tak terjadi lagi tengah pekan ini. Di sisi lain, Braga punya kenangan buruk kala terakhir kali bertandang ke Inggris. Dua musim lalu, mereka dihantam Arsenal 0-6.

Di Grup A, Porto, yang pada laga sebelumnya sukses memetik kemenangan tipis 1-0 atas Paris St Germain, akan menjamu Dinamo Kiev di Do Dragao, Kamis (25/10/2012) dinihari WIB. Terakhir kali menghadapi tim asal Ukraina, Porto sukses meraih kemenangan, yakni ketika mereka menundukkan Shakhtar Donetsk 2-0. Sementara, pada pertandingan lainnya, PSG akan bertandang ke markas si juru kunci, Dinamo Zagreb. Tuan rumah punya kenangan buruk kala menghadapi tim asal Prancis, di mana terakhir kali mereka dilumat Olympique Lyon 1-7 pada 2011.

Arsenal yang sukses mendapatkan dua kemenangan dalam dua laga terakhir akan menjamu Schalke 04. Hasil berbeda didapat keduanya akhir pekan lalu; The Gunners ditundukkan Norwich City, sementara Die Knappen sukses mendapatkan kemenangan atas rival mereka, Borussia Dortmund. Terakhir kali kedua tim bertemu di Liga Champions adalah pada fase grup musim 2001/2002. Arsenal menang 3-2 di kandang, tapi kalah 1-3 di Gelsenkirchen.

Pada laga lainnya, Olympiakos akan berhadapan dengan Montpellier. Ini adalah pertama kalinya kedua tim bertemu. Terakhir kali Olympiakos bermain di tanah Prancis, mereka sukses memetik kemenangan 1-0 atas Olympique Marseille.

Di Grup C, Malaga akan menjamu AC Milan yang tengah terluka. Jangan anggap remeh kemampuan para pemain seperti Isco, Eliseu, dan Joaquin Sanchez. Ketiganya kerap jadi andalan untuk membuat Malaga tetap oke di kompetisi domestik dan Eropa. Sebaliknya, Milan tengah mengkhawatirkan. Mereka kalah 2-3 dari Lazio akhir pekan lalu dan sempat tertinggal tiga gol lebih dulu. Massimiliano Allegri menyesali kekalahan itu, tapi memilih untuk bersikap positif; saatnya Milan menghentikan catatan buruk dan bangkit. Sisi positif lainnya, Alexandre Pato sudah bisa bermain lagi dan Stephan El Shaarawy semakin bisa diandalkan. Toh, pada laga terakhir di Liga Champions, Milan sukses memenangi pertarungan alot melawan Zenit St Petersburg.

Zenit sendiri akan menjamu Anderlecht di Petrovsky Stadium kali ini. Kedua tim terakhir kali bertemu di fase grup Liga Europa pada musim 2010/2011, di mana Zenit menang 3-1 pada laga kandang dan tandang.

Pada Grup D, Manchester City masih membidik kemenangan pertama setelah sebelumnya kalah dari Real Madrid dan ditahan imbang Borussia Dortmund. Lawan mereka adalah tuan rumah Ajax Amsterdam yang sudah menelan dua kekalahan. City belakangan mulai menunjukkan mental juara dan kerap lepas dari situasi sulit. Akhir pekan lalu mereka menang 2-1 atas West Bromwich Albion setelah tertinggal lebih dulu. Gol kemenangan City diciptakan oleh Edin Dzeko di menit-menit akhir laga. Sebaliknya, Ajax justru bermain imbang 3-3 dengan Heracles Almelo setelah sebelumnya sempat unggul 3-1 terlebih dahulu.

Sedangkan Madrid akan bertandang ke Signal Iduna Park untuk menghadapi Dortmund. Sang tamu tengah kembali ke jalur kemenangan di liga, sementara sang tuan rumah belakangan justru melempem. Absennya Mario Goetze dan Jakub Blaszczykowski membuat Juergen Klopp harus berpikir keras. Pada akhirnya, ia hanya bisa mengandalkan Marco Reus dan Robert Lewandowski di lini depan, sembari mengandalkan para pelapis seperti Kevin Grosskreutz dan Morits Leitner.

Jadwal Liga Champions Matchday III

Rabu (24/10/2012)

Grup E
Nordsjaelland vs Juventus
Shakhtar Donetsk vs Chelsea

Grup F
BATE Borisov vs Valencia
Lille vs Bayern Munich

Grup G
Spartak Moscow vs Benfica
Barcelona vs Celtic (Rabu (24/10/2012) 01.30 WIB Live on SCTV)

Grup H
Galatasaray vs CFR Cluj
Manchester United vs Braga

Kamis (25/10/2012)

Grup A
Porto vs Dynamo Kiev
Dinamo Zagreb vs Paris St Germain

Grup B
Arsenal vs Schalke 04
Montpellier HSC vs Olympiakos Piraeus

Group C
Zenit St Petersburg vs Anderlecht
Malaga vs AC Milan

Group D
Ajax Amsterdam vs Manchester City
Borussia Dortmund vs Real Madrid (Kamis (25/10/2012) 01.30 WIB Live on SCTV)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar