Cari Blog Ini

Selasa, 23 Oktober 2012

Formasi Berlian, Revolusi Baru Ferguson

sports.okezone.com


Sir Alex Ferguson. (Foto: Reuters)

MANCHESTER – Sir Alex Ferguson menyiapkan sebuah revolusi di skuad Manchester United. Tidak hanya meremajakan skuad, Ferguson sepertinya akan mematenkan formasi berlian yang menjadi di luar kebiasaan Setan Merah.

Ya, United memang terkenal dengan metode permainan tradisional dengan memanfaatkan lebar lapangan dalam beberapa tahun terakhir. Namun, formasi berbeda coba diusung pemegang gelar 19 kali Premier League itu.

Sejak kedatangan Robin van Persie dan Tom Cleverley pada awal musim ini, Ferguson mulai menyiapkan sebuah eksperimen baru yang tidak pernah digunakan dalam sejarah klub yang bermarkas di Old Trafford itu.

Perubahan gaya bermain akan diterapkan ketika United menjamu Braga, dalam lanjutan Liga Champions. Ferguson mengatakan, sangat penting bagi Rio Ferdinand dkk untuk melakukan revolusi dalam skema permainan.

“Jika kami mampu memainkan formasi berlian dengan konsisten, ini akan menjadi sebuah revolusi. Sebab, formasi ini tidak pernah kami gunakan dalam sejarah. Tapi, level permainan di Inggris dan Eropa sangat tinggi, membuat anda sulit memprediksikan apa yang akan terjadi,” kata Ferguson.

Mantan arsitek Aberdeen itu mengatakan, perubahan formasi sangat dibutuhkan untuk memberikan pilihan lebih banyak di skuad Setan Merah. “Tim harus berpikir jika kami akan menggunakan dua pemain sayap atau formasi berlian. Sebab, kami memiliki pemain yang bisa melakukan kedua formasi itu,” sambungnya.

“Kagawa dan Cleverley bisa bermain sanagt baik menggunakan formasi berlian yang ditawarkan, sedangkan Nani, Ashley Young dan Antonio Valencia merupakan pemain sayap yang sangat bagus,” tandas pelatih asal Skotlandia itu, dilaporkan Goal, Selasa (23/10/2012).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar