Cari Blog Ini

Kamis, 26 April 2012

Real Madrid vs Bayern Munich

'Pentolan' Bavaria Lengkapi Luka Spanyol

sports.okezone.com
Bayern Munich menuntaskan mimpinya untuk tampil di partai final di kandang sendiri, setelah menyingkirkan Real Madrid (Foto: Getty Images)
MADRID – Bayern Munich menjadi tamu yang menyiksa hati segenap rakyat Spanyol. Setelah Barcelona dikandaskan Chelsea di semi final lainnya, kini giliran calon jawara La Liga – Real Madrid yang juga gagal mempertahankan hegemoni dan reputasi para delegasi Spanyol di benua biru.

Raksasa Bavaria sukses membuat luka wakil ranah Iberia setelah susah payah menekuk Madrid melalui durasi lebih dari dua jam. Setelah melewati 90 menit waktu normal dan dua kali extra time yang menghadirkan agregat imbang 3-3, akhirnya Bayern menunaikan final impiannya yang dihelat di kandang sendiri pada 19 Mei mendatang, melalui kemenangan drama adu penalti atas armada asuhan Jose Mourinho, dini hari tadi.

Babak Pertama
Los Blancos mendapat keuntungan besar saat babak pertama belum lama dimulai. Wasit Viktor Kassai memberi sanksi penalti bagi Bayern, akibat David Alaba menahan tendangan Ángel di María dengan tangannya di kotak penalti. Dengan tenang, Cristiano Ronaldo (CR7) yang menjadi algojo, menunaikan tugasnya dengan sempurna. Angka 1-0 serta nama CR7 tercatat di papan skor Santiago Bernabéu.

Di tengah upaya Bayern untuk terus berusaha menyengat balik tuan rumah, bencana kedua dari CR7 malah kembali lahir di menit ke-14. Sebuah umpan pendek Mesut Özil, sukses dikonversi CR7 yang lepas dari kawalan Hauptmann (kapten) Philip Lahm. Jaring gawang Neuer koyak untuk kedua kalinya.

Saat waktu menginjak menit ke-27, ‘gantian’ Bayern yang diganjar hadiah penalti dari wasit Kassai asal Hungaria. Kronologisnya terjadi saat Mario Gómez yang hendak menyambut umpan Arjen Robben, dilanggar Pepe di kotak terlarang. Robben yang mengajukan diri sebagai algojo, sukses menjalankan tanggung jawabnya. Skor 2-1 pun tertahan hingga jeda.

Babak Kedua
Memasuki paruh kedua, Madrid berusaha merebut lagi inisiatif serangan yang sempat dicuri Die Bayern, pada akhir-akhir interval pertama. Benzema membuat Neuer berjibaku menyelamatkan gawangnya di menit ke-57. Peluang itu didapatnya setelah menjadi penadah assist Mesut Ozil, yang kemudian dihujamkan Benzema. Namun Neuer masih mampu memetiknya.

CR7 kembali mengoleksi peluang saat waktu memasuki menit ke-70, lewat sepakan bebas dengan gaya yang menjadi ciri khasnya. Namun peluangnya belum berbuah manis. Hujaman hasil tendangan kerasnya masih mengarahkan bola, tepat ke pelukan Neuer.

Setelah menit-menit yang terkesan membosankan di medio babak kedua, Bayern menghadirkan rasa cemas bagi tuan rumah. Di menit ke-86, Gómez nyaris membukukan gol kedua Bayern. Tapi peluangnya yang memanfaatkan umpan Robben, masih mampu di-intercept Pepe dan Sergio Ramos. Gugurlah peluang emas Bayern. Skor 2-1 tetap abadi hingga interval kedua usai dan memaksa laga berlanjut ke babak extra time.

Extra Time
Jalannya 15 menit pertama waktu tambahan, tak menyajikan tensi berbeda dari babak kedua waktu normal. Malah, tak ada satu pun peluang yang tersuguh di tengah lapangan. Hanya serangkaian pelanggaran keras dari kedua tim yang beredar.

Sementara di babak tambahan kedua, hanya tercatat satu peluang emas yang hadir mewarnai Santiago Bernabéu. Saat waktu berada di titik 118 menit, sebuah counter attack Madrid yang dikreasikan Marcelo dan Higuaín, hampir mengindikasikan terjadinya gol.

Sayang, meski terlihat dalam tayangan replay Higuaín tidak terjebak off side setelah menerima umpan terukur Marcelo, tapi hakim garis berkata lain. Padahal, Higuaín tinggal berlari ke arah Neuer untuk dikonversi menjadi gol. 120 menit total leg kedua pun, masih harus dituntaskan adu tendangan penalti, karena agregat 3-3 masih lestari menghias papan skor.

Drama Adu Penalti:
Real Madrid:
1. Cristiano Ronaldo (X-Diblok)
2. Ricardo Kaká (X - Diblok)
3. Xabi Alonso (O)
4. Sergio Ramos (X - Melambung)
5. -

Bayern Munich:
1. David Alaba (O)
2. Mario Gómez (O)
3. Toni Kroos (X - Diblok)
4. Philip Lahm (X - Diblok)
5. Bastian Schweinsteiger (O)

Susunan Pemain:
Real Madrid:
Iker Casillas, Sergio Ramos, Pepe Ferreira, Álvaro Arbeloa, Marcelo Vieira, Xabi Alonso, Mesut Özil/Esteban Granero (111’), Sami Khedira, Ángel di María/Ricardo Kaká (75’), Cristiano Ronaldo, Karim Benzema/Gonzalo Higuaín (106’)

Bayern Munich: Manuel Neuer, Philip Lahm, Jérôme Boateng, Holger Badstuber, Bastian Schweinsteiger, Franck Ribéry/Thomas Müller (95’), Luiz Gustavo, Toni Kroos, David Alaba, Mario Gómez.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar