Cari Blog Ini

Sabtu, 29 Maret 2014

Pertahanan Solid Jadi Modal 'Si Biru' Berburu Trofi Premier League


DetikSport
Chelsea FC


London - Dibanding Liverpool dan Manchester City, Chelsea tak punya barisan penyerang oke. Tapi The Blues miliki barisan belakang yang solid untuk membawa mereka meraih trofi Premier League.

Liverpool dan City sejauh ini jadi tim paling produktif mencetak gol di mana The Reds bikin 84 gol dengan Luis Suarez dan Daniel Sturridge total mencetak 48 gol di antara keduanya.

Sementara City punya 79 gol dengan Yaya Toure jadi topskorer dengan 17 gol dan Sergio Aguero 15 gol. Lalu bagaimana dengan Chelsea? Dari ketiga tim, anak asuh Jose Mourinho baru bikin 62 gol dengan Eden Hazard jadi topskorer dengan 14 gol.

Tak ada striker Chelsea yang mencetak gol minimal dua digit dengan Samuel Eto'o memimpin daftar tersebut dengan delapan gol.

Dari deretan tiga tim teratas itu, Chelsea jadi tim dengan selisih gol paling rendah yakni +39, sementara Liverpool punya +45 sementara City +52. Dengan Premier League mengutamakan selisih gol dalam penentuan gelar juara, boleh dibilang City serta Liverpool punya keunggulan dalam hal ini.

Tapi Chelsea juga punya "senjata" lain untuk bisa mengatasi tekanan dari dua rivalnya itu ketika barisan belakang mereka begitu solid dengan hanya kebobolan 23 gol, sementara City sudah 27 gol dan Liverpool bahkan 39 gol.

Catatan mengenai kesolidan lini belakang Chelsea adalah mereka jadi tim paling banyak clean sheet yakni 14 kali dan hanya membiarkan lawan melepaskan total 95 shot on target, paling rendah di antara tim-tim musim ini.

Bahkan dalam tujuh laga tandang terakhir mereka, hanya tiga gol yang bersarang di jala Petr Cech.

"Kami bertahan dengan baik karena semua pemain bertahan. Kami tidak kebobolan banyak gol karena semua pemain melakukan tugas mereka dengan baik," ujar bek Chelsea Cesar Azpilicueta kepada Chelsea TV.

"Kami banyak mencetak clean-sheet dan kami tampil baik karena ini adalah hasil usaha tim," sambungnya.

"Kami punya banyak bek tengah yang bagus dan berkualitas. John, Gary, dan David adalah bek tengah yang sangat bagus dan saling pengertian di antara mereka adalah kunci sukses tim."

Tidak ada komentar:

Posting Komentar