Cari Blog Ini

Rabu, 11 Desember 2013

MU Kalahkan Shakhtar, Lolos sebagai Juara Grup


Detiksport

 

Manchester - Manchester United menang 1-0 atas Shakhtar Donetsk, bukan cuma untuk memastikan predikat juara Grup A Liga Champions melainkan juga memutus rentetan kekalahan kandangnya.

Di Old Trafford, Rabu (11/12/2013) dinihari WIB, satu gol dari Phil Jones di pertengahan babak kedua menjadi satu-satunya pembeda di dalam pertandingan matchday 6 tersebut.

Ini membuat MU, yang sudah memastikan tiket lolos di matchday sebelumnya, melaju ke babak 16 besar Liga Champions sebagai juara grupnya. Selain itu, kemenangan juga membuat 'Setan Merah' menyudahi dua kekalahan kandang secara beruntun yang dialami di Premier League sebelum ini--atas Everton dan Newcastle United.

Dalam partai lain dari grup ini, Bayer Leverkusen menang dengan skor 1-0 ketika melawat ke markas Real Sociedad di Anoeta. Satu-satunya gol di laga ini lahir di menit ke-49 atas nama Omer Toprak.

Dengan hasil dalam dua partai tersebut maka MU (14 poin) lolos sebagai juara grup, ditemani oleh Leverkusen (10 poin), sedangkan Shakhtar (8 poin) harus rela tergeser ke Liga Europa. Sedangkan Sociedad menyudahi petualangan di Eropa dengan 1 poin.

Jalannya Pertandingan

Peluang pertama tuan rumah lahir di menit ke-5. Phil Jones bekerja sama satu-dua dengan Rafael dan kemudian merangsek ke pertahanan Shakhtar. Jones lalu melepaskan tembakan dari sudut sempit yang masih bisa ditepis kiper Andriy Pyatov.

\ Shakhtar membalas tiga menit kemudian melalui tembakan Fred dari jarak sekitar 22 meter ke arah gawang. Bola melaju ke gawang MU walau masih tepat ke arah David De Gea.

Di menit ke-13 Shakhtar mendapat peluang emas. Berawal dari kesalahan operan Adnan Januzaj, tim tamu langsung melakukan serangan balik cepat. Umpan terobosan lalu dikuasai Alex Teixeira yang kemudian melepaskan tembakan ke tiang jauh kendati bola masih melebar tipis dari bidang sasaran.

Menyambut sebuah backpass di menit ke-15, De Gea nyaris saja kecolongan di bawah tekanan Luiz Adriano. Untung buat MU, bola masih bisa cukup lekat berada di kaki kipernya itu.

Semenit kemudian MU balik menekan. Shinji Kagawa melepaskan umpan untuk kemudian diterima Janujaz. Dari posisi membelakangi gawang, Janujaz mengontrol bola dengan apik, membalikkan tubuh, dan melepaskan tembakan yang masih bisa dihadang kiper lawan. Usaha Ashley Young melakukan rebound cuma membuat bola melambung jauh di atas gawang Shakhtar.

Gawang MU kembali diancam Teixeira di menit ke-28. Menggiring bola dari tengah, ia sampai ke tepi kotak penalti dan kemudian menembak dengan si kulit bundar mengarah tepat ke De Gea.

Dari sebuah serangan balik MU mendapatkan tendangan bebas di menit ke-31. Wayne Rooney mengambilnya, walaupun bola yang ia sepak kemudian cuma menghantam sisi luar gawang Shakhtar.

Tiga menit kemudian Rio Ferdinand kehilangan bola di area pertahanan MU. Beruntung buat tuan rumah, penyelesaian akhir para pemain Shakhtar belum mengubah kedudukan.

Peluang emas untuk MU terbuang di menit ke-37. Young mendapatkan bola di kotak penalti Shakhtar dan tinggal menghadapi Pyatov yang datang menerjang. Dengan Rooney ada di sisi kanannya, Young memilih untuk langsung melambungkan bola dengan arah si kulit bundar lalu sedikit melebar dari gawang.

Shakhtar langsung menekan MU di awal babak kedua. Dari sebuah tendangan penjuru, tandukan Yaroslav Rakitskiy membuat bola mengenai sisi luar tiang gawang MU. Semenit setelah itu gantian MU melancarkan serangan, walau juga kandas.

Di menit ke-58 Young melepaskan sebuah umpan silang dari kiri. Di bawah kawalan lawan, Kagawa tetap mampu menyongsong bola kendatipun Pyatov kemudian bisa menepis si kulit bundar.

Skor 0-0 akhirnya buyar di menit ke-67. Dari sebuah sepak pojok, bola pertama-tama coba diteruskan Evans walaupun gagal karena tekanan pemain lawan. Si kulit bundar lalu memantul ke Phil Jones yang tak terkawal dan menyepaknya masuk ke gawang.

Srna coba menguji De Gea dari tepi kotak penalti MU di menit ke-85. Bola mengarah tepat ke pelukan kiper asal Spanyol tersebut.

Susunan Pemain

Man Utd: De Gea, Rafael Da Silva, Ferdinand, Evans, Buttner (Valencia 88'), Jones, Giggs (Cleverley '62), Young (van Persie 62'), Kagawa, Januzaj, Rooney.

Shakhtar Donetsk: Pyatov, Srna, Kucher, Rakitskiy, Shevchuk, Fred (Fernando 80'), Stepanenko, Douglas Costa, Alex Teixeira, Taison (Bernard 63'), Luiz Adriano (Ferreyra 88').

Tidak ada komentar:

Posting Komentar