Cari Blog Ini

Kamis, 12 Desember 2013

Chelsea Jadi Juara Grup, Schalke Jadi Runner-up


Detiksport

 

London - Chelsea memastikan lolos ke babak 16 besar Liga Champions dengan predikat juara grup usai menang 1-0 atas Steaua Bukarest. Satu tiket lain dari grup ini digondol Schalke yang menang 2-0 atas Basel.

Di Stamford Bridge, Kamis (12/12/2013) dinihari WIB, Chelsea memetik tiga angka berkat gol tunggal atas nama Demba Ba di menit-menit awal pertandingan.

Dalam partai lain di Veltins Arena, Basel sudah harus tampil minus satu pemain sejak 31 menit, usai Ivan Ivanov dikartu merah usai melanggar pemain Schalke yang punya peluang bagus bikin gol.

Setelah bermain 0-0 di babak pertama, Schalke membuka keunggulan di menit ke-51 melalui Julian Draxler usai meneruskan sodoran bola dari Jefferson Farfan. Enam menit kemudian Schalke menggandakan keunggulan atas Basel melalui gol dari Joel Matip, dengan Farfan lagi-lagi jadi kreator.

Dengan hasil tersebut maka Chelsea, yang sebelumnya sudah memastikan tiket lolos, memuncaki klasemen akhir dengan 12 poin dan maju sebagai juara grup. Schalke menjadi runner-up dengan 10 poin dan ikut lolos ke babak 16 besar Liga Champions. Basel sementara itu ada di posisi tiga dengan 8 poin dan harus puas masuk ke Liga Europa. Sedangkan Steaua jadi juru kunci dengan 3 poin.

Jalannya Pertandingan

Chelsea mencatatkan peluang pertama dalam laga. Di menit ke-4 Willian mengirim bola ke Oscar yang lantas meneruskan dengan tembakan walaupun masih belum tepat ke bidang sasaran. Semenit sebelum itu pun David Luiz gagal mengarahkan bola ke gawang.

Di menit ke-10 Chelsea pun akhirnya memimpin. Diawali dari sepak pojok, Oscar meneruskan bola di tiang jauh untuk disambut Demba Ba. Bola lalu mengenai Daniel Georgievski dan meluncur masuk ke gawangnya sendiri.

Steaua memiliki peluang emas untuk menyamakan skor di menit ke-13 melalui Gabriel Iancu. John Obi Mike kehilangan bola di lini tengah membuat tim tamu bisa menggeber serangan balik melalui Nicolae Stanciu. Bola lalu dioper ke Iancu kendatipun ia belum mampu menaklukkan kiper Mark Schwarzer.

Kiper Steaua Ciprian Tatarusanu melakukan penyelamatan bagus di menit ke-27. Eden Hazard bekerja sama dengan Willian sebelum melepaskan umpan silang ke arah Branislav Ivanovic yang lantas mengirim bola ke arah gawang tim tamu sampai akhirnya bisa diamankan oleh Tatarusanu.

Satu lagi peluang terbuang dan belum mengubah hasil. Pantelis Kapetanos melepaskan tembakan dari jarak sekitar 22 meter ke arah gawang dengan arah bola masih sedikit melebar dari gawang Chelsea.

Chelsea kemudian membalas. Frank Lampard melepas tembakan yang belum tepat sasaran dan setelah itu Demba Ba melakukan salto walaupun peluit sudah berbunyi karena adanya pelangaran.

Di menit ke-53 Chelsea mendapatkan peluang melalui Ba. Oscar menjadi titik tolak serangan kali ini dengan umpannya ke Hazard yang lantas meneruskannya ke Willian. Umpan silang kemudian ditujukan ke Ba walaupun ia belum mampu menuntaskannya dengan tepat untuk mengubah kedudukan.

Peluang kembali dicatatkan Chelsea, kali ini dua kali lewat Hazard. Yang pertama di menit ke-70 lewat sundulannya yang belum tepat sasaran dan yang kedua tujuh menit berselang melalui aksinya menggiring bola sebelum menembakkannya, walaupun si kulit bundar masih melambung di atas mistar.

Ba menggetarkan gawang Steaua di menit ke-87 usai menerima bola dari Lampard. Namun, gol tersebut tidak berlaku karena bendera offside sudah diangkat.

Di menit injury time Schwarzer dipaksa melakukan penyelamatan atas tembakan Alexandru Chipciu dari luar kotak penalti yang melaju deras ke gawang Chelsea.


Susunan Pemain

CHELSEA: Schwarzer; Ivanovic, D Luiz, Terry, Cole; Mikel (Ramires 74'), Lampard; Willian (De Bruyne 80'), Oscar (Schuerrle 67'), Hazard; Ba.

STEAUA: Tatarusan, Szukala, Gardos, Latovlevici, Georgievski, Pintili (Angelo Martins 64'), Chipciu, Pirvulescu, Stanciu (Prepelita 61'), Iancu, Kapetanos (Piovaccari 71').

SCHALKE: Fahrmann; Uchida, Howedes (Szalai 31'), Santana, Kolasinac; Matip, Neustadter; Farfan, Meyer (Goretzka 88'), Draxler (Fuchs 66'); Boateng.

BASEL: Sommer; Voser, Schar, Ivanov, Xhaka; Salah, Elneny (Yann Sio 61'), F.Frei, Serey Die (Ajeti 72'), Stocker (Delgado 72'); Streller.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar