Cari Blog Ini

Kamis, 08 Desember 2011

Hasil Lengkap Liga Champions 2011/12



Musibah United di Markas Basel
sports.okezone.com
BASEL – Tak diduga, tiga kali jawara Liga Champions, harus menerima pil pahit, tiket 16 besar direbut tim kuda hitam, Basel, pada partai penentuan runner up Grup C, yang digelar di markas Basel, St. Jakob-Park, dini hari tadi. United tunduk 1-2 dari Basel.

United kehilangan kendali permainan di 10 menit pertama. Bahkan gawang Setan Merah, sudah harus jebol di menit ke-9. Adalah Marco Streller, dengan tendangan voli-nya, yang melumpuhkan kiper David De Gea, usai menerima assist dari Xherdan Shaqiri.

Tim asuhan Sir Alex Ferguson pun tersentak. Sempat menguasai pertandingan di pertengahan babak pertama, hingga jeda, tak bisa dimanfaatkan untuk bisa menyamakan kedudukan. Skor 1-0 tertata di 45 menit pertama.

Di babak kedua, United bermain lebih garang. Tekanan sejak lini tengah membuat United menciptakan sejumlah peluang. Salah satunya, lahir dari kaki kiri Wayne Rooney. Rooney yang berakselerasi di sisi kiri, lima menit berselang ketika babak pertama di mulai. Namun sayang, sepakannya hanya melenceng tipis di sisi kanan gawang Basel yang dikawal Yann Sommer.

Keasyikan menyerang, membuat Basel memaksimalkan celah di lini belakang United. Sejumlah tekel keras pun mulai bermunculan. Basel kembali menebar teror, di menit ke-54, lewat tendangan bebas Alexander Frei. Akan tetapi, De Gea mampu mementahkannya dengan gemilang.

Peluang emas untuk tim tamu, datang di menit ke-60. Tapi bukan lewat kaki pemain United, melainkan Basel. Umpan crossing Nani yang coba diselamatkan Markus Steinhöfer nyaris berbuah gol bunuh diri. Pasalnya, sontekannya mengarahkan bola ke gawang. Beruntung, bola masih membentur mistar.

Wazza – sapaan Rooney kembali mengancam gawang Basel saat waktu memasuki menit 64. Kali ini aksi individunya berhasil mengecoh dua bek Basel. Tapi momen peluang telah habis karena terlalu lama memegang bola. Alhasil, bola sepakannya hanya mengarah ke kanan tiang gawang.

Nani lagi-lagi menjadi kreator peluang, untuk The Red Devils, dengan mengirimkan umpan untuk kesekian kalinya. Rooney yang tengah bersiap menyambut umpan tersebut, sempat terhalang bek Basel, David Abraham, di menit ke-68. Hasilnya, tandukan lemah Rooney mampu diamankan kiper Basel, Yann Sommer. Skor tetap 1-0 untuk tuan rumah.

Rasa frustasi belum mendera Rooney, yang di plot sebagai striker sentral, meski usahanya di menit ke-77 masih gagal. Berawal dari gerakannya yang mengecoh dua bek Basel, Rooney melepaskan bola plessing yang menawan. Tapi lagi-lagi, dewi fortuna belum berpihak padanya. Bola hasil sepakannya itu, hanya tipis melenceng di sisi kiri Sommer.

Bencana sebenarnya, lahir di menit ke-84. Alexander Frei yang terlepas dari kawalan, menanduk bola umpan dari Xerdan Shaqiri. Dengan ‘nyamannya’, kapten Basel itu menanduk bola ke gawang De Gea. Jaring gawang United koyak untuk yang kedua kalinya Skor 2-0 untuk keunggulan Basel.

Empat menit berselang, United sempat memperkecil kedudukan, lewat Phil Jones yang memaksimalkan kemelut di depan gawang Sommer, merubah papan skor menjadi 1-2, di mana United masih tertinggal.

Tambahan waktu tiga menit, tetap tak membuat United bisa menyamakan kedudukan. Skor 2-1 tetap bertahan untuk Basel, hingga wasit Bjorn Kuipers asal Belanda. Jadilah salah satu raksasa Eropa itu didera musibah, gagal lolos ke babak 16 besar, menemani Benfica di persaingan Grup C.

Susunan Pemain:
FC Basel: Yann Sommer, Markus Steinhöfer, David Abraham, Park Joo-Ho, Aleksandar Dragovic, Adilson Cabral, Fabian Frei, Xherdan Shaqiri/Valentin Stocker (90’+2), Granit Xhaka/Scott Chipperfield (83’), Alexander Frei/Genséric Kusunga (88’), Marco Streller.

Manchester United: David De Gea, Rio Ferdinand, Nemanja Vidic/Jonny Evans (44’), Patrice Evra, Chris Smalling, Phil Jones, Park Ji-Sung/Federico Macheda (82’), Ashley Young/Danny Welbeck (65’), Ryan Giggs, Luis Nani, Wayne Rooney.

Hasil Matchday 6 Liga Champions, Rabu (7/12/2011) dini hari WIB:

Grup E:
Chelsea 3 – 0 Valencia
Genk 1 – 1 Bayer Leverkusen
Chelsea (11 poin) juara grup, Bayer Leverkusen (10) runner-up

Grup F:
Olympiakos Piraeus 3 – 1 Arsenal
Borussia Dortmund 2 – 3 Olympique Marseille
Arsenal (11 poin) juara grup, Marseille (10) runner-up

Grup F:
FC Porto 0 – 0 Zenit
APOEL 0 – 2 Shakhtar Donetsk
APOEL (9 poin) juara grup, Zenit (9) runner-up

Grup H:
Barcelona 4 – 0 BATE
Viktoria Plzen 2 – 2 Milan
Barcelona (16 poin) juara grup, AC Milan (9) runner-up


Hasil Lengkap Liga Champions, Kamis (8/12/2011)WIB:
Grup A:

Manchester City 2-0 Bayern Munich
Villarreal 0-2 Napoli
Bayern Munich(13 poin) Juara grup, Napoli (11) runner up

Grup B:
LOSC Lille 0-0 Trabzonspor
Internazionale Milan 1-2 CSKA Moskva
Internazionale Milano(10 poin) juara grup, CSKA Moskva(8) runner up

Grup C:
FC Basel 2-1 Manchester United
Benfica 1-0 Otelul Galati
Benfica(12 poin), juara grup, FC Basel (11) runner up

Grup D:
Dinamo Zagreb 1-7 Olympique Lyonnais
Ajax Amsterdam 0-3 Real Madrid
Real Madrid (18 poin) juara grup, Olympique Lyonnais(8) runner up

Tidak ada komentar:

Posting Komentar