Cari Blog Ini

Rabu, 01 Februari 2012

Gasak Stoke, United Tekan Mental City


sports.okezone.com
Foto: Javier Hernandez merayakan gol ke gawang Stoke/Daylife
MANCHESTER - Manchester United berhasil membuat rival sekotanya Manchester City makin tertekan dalam persaingan merebut gelar Premier League musim ini. Kemenangan 2-0 atas Stoke, mengantar United menyamai perolehan poin The Citizens yang pada saat bersamaan justru menelan kekalahan.

Menjamu Stoke di Old Trafford, Rabu (1/2/2012) dini hari WIB, United bertekad menghapus kenangan buruk ketika dikalahkan Liverpool di ajang FA Cup, akhir pekan lalu. Di laga kali ini pelatih Sir Alex Ferguson melakukan eksperimen, yakni dengan mempercayakan gawangnya dikawal kiper ketiga, Ben Amos.

Sementara di lini depan, absennya Wayne Rooney yang belum fit diantisipasi Fergie dengan menurunkan duet Dimitar Berbatov dan Hernandez. Di lini belakang, Rio Ferdinand dipercaya berduet dengan Jonny Evans di tengah, sedangkan Chris Smalling mengisi pos Rafael da Silva di sisi kanan pertahanan.

Bermain dengan formasi yang cukup berbeda dari laga kontra Liverpool, The Red Devils tetap mampu tampil dominan. Di menit ke-19, Chicharito berpeluang membuka keunggulan United. Sayang, tembakannya dari sisi gawang (sudut sempit) hanya menerpa sisi gawang Stoke.

Dua menit kemudian, giliran gelandang veteran Paul Scholes yang melepaskan tembakan setengah voli dari luar kotak penalti. Namun, bola hanya melintas tipis di sisi gawang.

Upaya pemain United akhirnya membuahkan hasil di menit ke-38. Penetrasi Park Ji-Sung saat menerobos kotak penalti memaksa Jermaine Pennant melakukan tekel. Apes, bola tak kena justru kaki Ji Sung yang terkena. Pemain asal Korea Selatan itu pun terjatuh, sehingga wasit langsung menunjuk titik putih.

Para pemain Stoke sempat memprotes keputusan wasit karena menilai Ji Sung sengaja menjatuhkan diri. Sayang, protes tersebut tidak digubris wasit. Chicharito yang dipercaya menjadi eksekutor sukses mengecoh kiper Stoke, Thomas Sorensen untuk membawa Setan Merah menutup paruh pertama laga dengan keunggulan 1-0.

Di interval kedua, United berhasil menambah keunggulannya di menit ke-52. Hadiah penalti kembali diberikan wasit Mike Jones untuk United. Kali ini hadiah penalti didapat menyusul dijatuhkannya Antonio Valencia oleh Jonathan Walters saat keduanya berebut bola. Kali ini, eksekusi penalti diambil Dimitar Berbatov yang juga sukses menaklukkan Sorensen. United kian menjauh 2-0.

Usai gol kedua tersebut, pertandingan berlangsung alot. Stoke mulai memberikan perlawanan demi bisa menyamakan kedudukan. Kondisi ini membuat punggawa United tak bisa leluasa melakukan tekanan. Memasuki lima menit terakhir laga, United masih berusaha mencetak gol tambahan, namun hingga wasit meniup peluit panjang, keunggulan 2-0 United tidak berubah.

Dengan kemenangan ini, United sukses mengikis jaraknya dengan rival sekota Manchester City yang pada saat bersamaan kalah 0-1 dari Everton. United kini memiliki poin sama dengan City, yakni 54 poin, namun masih harus bertengger di urutan dua karena kalah selisih gol.

Susunan Pemain:
Manchester United:
Amos; Smalling, Ferdinand, Evans, Evra; Valencia, Carrick, Scholes, Park; Hernandez/Pogba (73’), Berbatov.

Stoke City: Sorensen; Wilkinson, Huth, Shawcross, Wilson; Pennant, Palacios, Whitehead, Walters; Jones, Crouch/C.Jerome (57’).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar